NOSEY: Ketemu Hobi Baru?

"Curiosity is the wick in the candle of learning" - William Arthur Ward. Hasil dari tiga hari berturut-turut foto konser di Musifest kemarin semakin membuat gua penasaran untuk mencoba lagi Concert Photography, apalagi dengan keterbatasan gear yang gua punya terutama di bagian lensa. Kebetulan gua menggunakan kamera mirrorless Fujifilm X-T10 dengan lensa kit 16-50mm f/3.5-5.6, di mana lensa dengan aperture ini dinilai kurang cepat untuk mengabadikan momen cepat seperti dalam Concert Photography.

Gua termasuk pengguna baru sistem kamera mirrorless. Sebelumnya gua menggunakan DSLR Canon 550D dengan lensa Tamron 17-50mm f/2.8. Dengan aperture lensa yang dipunya, lensa Tamron ini cukup cepat untuk mengambil gambar dalam Concert Photography.Tetapi karena menggunakan adapter ke body X-T10 gua tidak bisa mengatur aperture dan autofocus pada lensa tidak bisa berfungsi.

Back to topic! Karena bingung mencari event musik di Palembang terutama yang bisa memberi akses bebas untuk foto seperti di Musifest kemarin, gua coba menghubungi salah satu band teman yang kebetulan ada jadwal manggung dan sesuai dengan jadwal kosong. Setelah deal dengan NOSEY setelah sebelumnya menunjukkan portofolio di Musifest, kami sepakat untuk bekerjasama dengan mengajak gua menjadi bagian dari tim mereka di event itu.


NOSEY

NOSEY Sound Check
  
NOSEY Sound Check
NOSEY Sound Check
NOSEY Sound Check
Tidak banyak kesulitan pada saat mengambil gambar dengan fokus manual di waktu NOSEY sedang Sound Check, karena tidak banyak pergerakan yang mereka lakukan.

It's Show Time!. Setelah berdoa bersama di ruang ganti untuk kelancaran, saatnya tantangan sebenarnya dimulai. NOSEY adalah band Rock Alternative dan ini bukan pertama kalinya gua melihat penampilan mereka. Berdasarkan pengamatan sebelumnya band ini cukup banyak bergerak di atas panggung terutama Friska si Vokalis. Ternyata benar, band ini mempunyai Stage Act yang cukup atraktif sehingga membuat gua harus lebih banyak memutar fokus di lensa kamera. Beruntung kamera mirrorless memiliki focus peaking yang sangat membantu dalam membantu mencari titik fokus secara manual.
Fadhel NOSEY

Friska NOSEY
Friska NOSEY
Ari & Habib NOSEY
Reza NOSEY
Friska NOSEY
NOSEY

Untuk foto lebih lengkapnya bisa langsung lihat aja di akun FLICKR gua ya. Terimakasih!

Gear used in this shoot:
Fujifilm XT-10
Tamron 17-50mm f/2.8

Comments

Popular Posts