How to Shoot Live Music and Concerts



Di artikel ini saya akan mencoba berbagi sedikit tips untuk mengambil gambar pada saat konser.  Siap untuk mengambil gambar konser pertamamu?

Trust Your Camera!
Apapun merek dan jenis kamera yang dimiliki, selalu percaya kameramu! Karena kamera terbaik adalah kamera yang sedang ada di tanganmu. Setiap mendapat pertanyaan kamera apa yang bagus untuk foto, saya selalu menyarankan untuk membeli kamera paling mahal yang bisa kamu beli dan belilah brand yang kamu percaya. Jangan membeli kamera dengan brand tertentu hanya karena orang sekitar memakai brand tersebut. Karena kamera yang kamu pilih sendiri bisa menambah kepercayaan diri untuk mendapatkan hasil foto yang bagus.

Metering
Selalu gunakan spot metering. Karena kondisi pencahayaan yang sangat cepat berubah membuat metering pada kamera cepat berubah apabila kamu menggunakan sistem metering lain. Dengan spot metering kamu bisa menentukan pengukuran cahaya pada titik tertentu sesuai keinginan. Ukur pencahayaan pada bagian muka apabila ingin fokus ke pemain musik atau ukur pencahayaan pada lampu dibelakang pemain musik untuk mendapatkan gambar siluet.

Manual, Aperture Priority (AV) or Full Automatic
Personally, sekarang saya menggunakan mode manual. Karena saya memiliki kontrol penuh terhadap kamera untuk menghasilkan gambar yang saya inginkan. Untuk pertama kali saya sarankan untuk menggunakan AV mode. Kondisi pencahayaan yang cepat berubah terkadang membuat kamu gugup, bingung dan berfikir "Apakah pengaturan pada kamera saya sudah benar?." Dengan AV mode kamu bisa menggunakan fitur Exposure Lock. Dengan mengunci eksposur kamera pada satu titik tertentu kamu bisa mendapatkan pengaturan kamera yang diinginkan.

Auto VS Manual Focus
Banyak photographer menyarankan untuk mempercayai autofocus pada kamera untuk mendapatkan gambar dengan fokus yang akurat. Menurut saya, kamu tidak bisa secara 100% percaya kepada autofocus kamera apalagi jika sedang berada di kondisi cahaya yang kurang. Tidak semua kamera dan lensa mampu mencari titik fokus di kondisi kurang cahaya. Secara pribadi saya lebih sering menggunakan fokus secara manual untuk mendapat gambar dan mengejar objek yang bergerak. Saya selalu percaya bahwa dahulu banyak foto bagus yang dihasilkan oleh fotografer pada saat belum ditemukannya teknologi auto focus yang baik seperti sekarang.

Lensa Apa?
Untuk pemilihan lensa saya rasa kembali ke preferensi masing-masing fotografer. Pada umumnya disarankan untuk menggunakan lensa dengan bukaan besar, karena dengan lensa bukaan besar kamera bisa menyerap banyak cahaya terutama di pencahayaan yang rendah sehingga kamu tidak harus menggunakan ISO tinggi yang berpengaruh terhadap kualitas gambar.
Banyak fotografer konser menggunakan kombinasi lensa 24-70mm f/2.8 dan 70-200mm f/2.8 agar bisa menjangkau semua area untuk mengambil panggung secara keseluruhan atau fokus ke salah satu pemain musik. Ada juga fotografer konser yang menggunakan prime lenses karena bukaan yang lebih besar daripada zoom lenses dan hasil gambar yang dinilai lebih tajam, walaupun sedikit repot gonta-ganti lensa apabila jika tidak menggunakan dua body kamera.

Get A Photo Pass
"Bagaimana mendapatkan Photo Pass konser?" ini pertanyaan yang sering saya dapat.
Kuncinya adalah kamu harus mengambil gambar untuk seseorang. Seseorang itu bisa berupa majalah, koran, promotor, event organizer atau pemain musik yang tampil di acara tersebut. Memang terdengar sulit apalagi jika kamu tidak mempunyai portofolio foto konser sebelumnya. Hal ini bisa disiasati dengan memulai mengambil gambar di acara-acara musik kecil yang pengamanannya tidak terlalu ketat. Atau kamu bisa mengambil gambar foto pemain musik tertentu kemudian mengenalkan diri dengan menunjukkan hasil kepada mereka dan menawarkan untuk menjadi bagian dari tim mereka untuk pertunjukan selanjutnya. Dengan memiliki Photo Pass kamu bisa lebih leluasa mengambil gambar tanpa harus  berhempit-hempitan dengan penonton dan mendapat larangan dari keamanan sehingga bisa mendapatkan hasil yang lebih baik.

Tentu saja ini semua hanya sudut pandang dari beberapa pengalaman yang saya jalani. Semoga bisa membantu dan menginspirasi kalian untuk memulai. Terimakasih!

Comments